Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi SAIBA

Palembang – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Selatan menggelar Bimbingan Teknis(Bimtek) Aplikasi SILABI bagi Bendahara Pengeluaran (BP) dan Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) serta Pengelola Keuangan Bidang pada hari Selasa, 11 Februari 2020.

Kegiatan yang diadakan di ruang pertemuan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan ini diikuti oleh BPP setiap bidang dan Pengelola Keuangan Tahun Anggaran 2020 dengan mengundang Narasumber dari KPPN Palembang. Bimbingan Teknis tersebut dibuka oleh Kasubbag Keuangan dan BMN.

Kasubbag Keuangan dan BMN, Sherly Marlisa menyampaikan bahwa kegiatan bimtek ini sebagai upaya peningkatan kapasitas pengelola keuangan pada satuan kerja pengelola APBN khususnya Bendahara Pengeluaran Pembantu serta perbaikan dan peningkatan pengelolaan keuangan yang lebih baik sesuai semangat menjaga kredibilitas APBN yang berkesinambungan.Oleh karena itu diharapkan peserta dapat mengikuti bimtek dengan atensi yang baik.

Arifin Indarto, Customer Service Officer (CSO) selaku Narasumber kegiatan bimtek menyampaikan bahwa pentingnya bagi BPP untuk melakukan pencatatan atas keuangan yang dikelolanya berbasis aplikasi sehingga tidak lagi secara manual. Selain itu pada Tahun Anggaran 2020 diwajibkan bagi BPP untuk membuat SPBy untuk setiap transaksi, hal ini juga sesuai dengan instruksi dari BPK terkait dasar bagi BPP untuk melakukan pembayaran kepada pihak ketiga atau pelaksana kegiatan.

Kasubbag Keuangan dan BMN Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan mengatakan bahwa kegiatan bimtek untuk pengelola keuangan sangatlah penting karena berkaitan dengan peraturan atau kebijakan terbaru yang berlaku dalam proses pengelolaan keuangan pemerintah. Oleh karena itu, nantinya akan diupayakan kegiatan seperti ini setiap tahunnya melalui koordinasi dengan instansi keuangan terkait seperti, KPPN, KPKNL dan Kantor Pelayanan Pajak.

Kegiatan Bimtek ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi peserta yang baru ditunjuk menjadi BPP Bidang Tahun Anggaran 2020 dan bagi peserta yang pernah menjadi BPP Bidang sejak Tahun Anggaran sebelumnya dapat memperoleh penyegaran dan informasi terbaru.