Muara Enim Persiapkan Acara Puncak Gertak Pelayanan KB Sumatera Selatan

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Gerakan Serentak (Gertak) Pelayanan KB MKJP, Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan bersama Dinas PPKB Muara Enim melaksanakan rapat koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim. Puncak acara yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2020, diundur menjadi tanggal 26 Maret 2020. “ kita akan geser tanggal 26, karena tanggal 24 ada Colurful Muara Enim.” Ungkap Kepala Dinas PPKB Muara Enim, dr. Yan Riyadi.
Dalam laporannya dr. Yan Riyadi menyampaikan bahwa sebagai bagian dari rangkaian kegiatan juga akan dilaksanakan pemutaran film serentak di 4 lokasi dan juga pembentukan Kampung KB Bara Lestari.

Selanjutnya, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan, Nopian Andusti tidak mempermasalahkan mengenai tanggal pelaksanaan yang bergeser. “ Yang penting bukan tanggalnya, tapi pelaksanaannya. Yang penting bagaimana kita bisa melaksanakan dengan baik dan semaksimal mungkin. “ ujar Nopian. Terkait dengan Kampung KB, Nopian menyampaikan bahwa kampung KB adalah milik bersama untuk itu sangat diharapkan semua pihak ikut terlibat dalam pengelolaan Kampung, termasuk perusahaan. Selain itu Nopian juga menyampaikan bahwa keluarga berencana memiliki tugas yang luas dan tidak hanya sebatas alat kontrasepsi. Keberadaan Perwakilan BKKBN di Provinsi bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah, “pada prinsipnya seluruh instansi vertikal tugasnya membantu Kepala Daerah” ujar Nopian.
Senada dengan Nopian, Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah mengatakan bahwa jangan melihat program KB hanya sebatas urusan alat Kontrasepsi. “Pada dasarnya, bahwa Keluarga Berencana ini menyeluruh.” Ujar Juarsah. Selaku Kepala Daerah, Juarsah sangat merasa terhormat pelaksanaan Puncak Acara Gerekan Serentak Pelayanan KB Provinsi Sumatera Selatan ini dilaksanakan di Muara Enim. “ Maka untuk itu, dengan adanya Gerakan Serentak Pelayanan KB Provinsi Sumatera Selatan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Muara Enim ini suatu kehormatan bagi kita yang mana akan hadir 17 Kabupaten/Kota di Muara Enim”.

Hadir pada kegiatan ini Kasdim 0404/Muara Enim, Mayor Inf Sugeng, OPD KB terkait, Polres Muara Enim, Perwakilan Kepala Desa, dan Perwakilan dari PT Bukit Asam. (Rizki)