BKKBN Sumsel Laksanakan Sosialisasi Pembangunan Keluarga Bersama Komisi IX DPR RI di Kabupaten Lahat

Sabtu (19/9/2020) Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan Sosialisasi Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja di Hotel Cendrawasih Kabupaten Lahat. Kegiatan ini dihadiri anggota Komisi IX DPR RI Ir. Sri Meliyana, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan Nopian Andusti, SE, MT, Kepala Bidang ADPIN Evi Silviani, S.Kom, MM, dan Ketua Dharma Wanita Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan. Hadir sebagai peserta dalam kegiatan tersebut yaitu kader posyandu dan para remaja.

Pembangunan keluarga menjadi sangat penting tidak hanya karena tertuang dalam undang-undang, tetapi keluarga juga merupakan unit terkecil dari masyarakat. “Keluarga adalah segalanya, sebab segala sesuatu semua berawal dari keluarga,”ujar Nopian. Menurutnya baik dan buruknya seorang anak berasal dari keluarga. Kemudian, sejalan dengan hal tersebut ia menambahkan bahwa ucapan seorang anak adalah cerminan kondisi di dalam sebuah keluarga. Untuk itu, sebagai tempat pendidikan pertama bagi anak, keluarga harus dapat memberikan pelajaran yang baik, membimbing dan mengarahkan anak ke hal-hal yang positif. Sebab membangun keluarga sama dengan membangun masyarakat.

Foto bersama Kepala Perwakilan dan Anggota Komisi IX DPR RI

Melihat masih tingginya tingkat pernikahan dini, Nopian juga mengharapkan para remaja dapat menyampaikan pesan-pesan GenRe terutama mengenai dampak buruk dari pernikahan dini kepada teman sebaya di lingkungannya. Ketidaksiapan mental dan ketahanan ekonomi dalam pernikahan dini akan melahirkan kemiskinan baru.

Sementara itu, menurut Sri Meliyana keluarga itu benteng dari perasaan-perasaan. Jika perasaan dapat dikelola dengan baik maka kita menjadi lebih kuat. Ia juga mengingatkan kepada para remaja bahwa dalam pernikahan itu kedua belah pihak harus saling bertanggungjawab. Kemudian, ia berharap tidak adanya pernikahan dini melihat banyak faktor yang harus diperhatikan.

“Kita sama-sama dengan BKKBN membangun keluarga yang lebih baik,” jelas Sri Meliyana. Diakhir acara Sri Meliyana juga mengajak masyarakat untuk bersama perangi Covid-19 dengan cara menghindari virus sesuai dengan aturan yg diakui internasional. (ADPIN/KS)