Kampung KB Mandiri Kayuara Sakti Menuju Paripurna

Senin (09/11/2020), Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan melalui Bidang Pengendalian Penduduk melakukan bimbingan teknis secara holistik ke Kampung KB Percontohan Desa Kayuara Sakti, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim. Pembinaan yang dihadari oleh perangkat desa, pokja Kampung KB, PPKBD, sub PPKBD, kader poktan, penyuluh keluarga berencana serta anggota karang taruna desa menghasilkan kesepakatan berupa terbentuknya kerjasama pendidikan kependudukan melalui masyarakat peduli kependudukan “Taruna Kencana” Desa Kayuara Sakti serta kesepakatan untuk membentuk pojok kependudukan yang terintegrasi dengan Rumah Data Kependudukan.

Selanjutnya, dilakukan pula pemaparan oleh Zamhari, SH, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, mengenai aspek – aspek apa saja yang perlu ditingkatkan oleh Desa Kayuara Sakti untuk menjadikannya sebagai Kampung KB Berkelanjutan atau Paripurna. Termasuk di dalamnya advokasi penggunaan dana desa untuk program bangga kencana serta pemanfaatan data penduduk dan penambahan data sektoral di Rumah Data Kependudukan yang nantinya dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan desa. Dibahas pula kemungkinan untuk mendapatkan dana CSR dari perusahaan perkebunan yang memiliki lokasi kerja di area Desa Kayuara Sakti.

Di akhir kunjungan, Tim melakukan peninjauan ke Rumah Data Kependudukan serta berdialog secara interaktif dengan perangkat desa yang diwakili oleh Sekretaris Desa, Pokja Kampung KB, Pengurus Rumah DataKU dan Dinas PPKB Kab. Muara Enim terkait perbaikan dan penambahan infrastruktur Rumah DataKU melalui APBD ataupun Dana Desa. (Dita)