Sehari di Kampung KB bersama Bangga Kencana

Kamis, 12 November 2020 Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan Nopian Andusti SE., MT dan Direktur Teknologi, Informasi, dan Data Bapak Dr. Mahyuzar., M.Si mengikuti kegiatan Sosialisasi Kemitraan dalam Penguatan Pemanfaatan Data dan Informasi Program Bangga Kencana Tahun 2020 di Kampung Keluarga Berkualitas Mekarti Jaya Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Pada kegiatan ini, Drs. Munfazir Ghozali selaku Kepala DPPKB Kabupaten Empat Lawang menyampaikan dalam laporannya bahwa dari 10 kecamatan di Kabupaten Empat Lawang hanya terdapat 10 PKB ASN BKKBN yang mana rationya setiap PKB membina 1 atau 2 desa.

Kegiatan yang dibuka oleh Hj. Ir. Sri Meliyana anggota Komisi IX DPR-RI ini juga dihadiri oleh Asisten 1 Pemkab Empat Lawang, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Empat Lawang, Kepala Desa Mekarti Jaya, Camat Tebing Tinggi, dan Danramil dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

Dalam kesempatan ini pula Sri Meliyana menyampaikan bahwa Desa Mekarti Jaya ini sukses dinobatkan menjadi Kampung KB karena setelah dijadikan Kampung KB banyak kemajuan dan perubahan di desa ini. Tidak terlihat lagi seperti Daerah Tertinggal, Terpencil dan ter ter lainnya. Beliau juga menambahkan agar PKB yang minim ini tetap bisa semangat dalam meningkatkan program Bangga Kencana dan kegiatan lainnya bisa berjalan lancar dengan tetap bekerjasama dengan mitra BKKBN. “Untuk itu mari kita terus Petakan, Laporkan, Kerjakan program Bangga Kencana ini,” ujarnya.

Selain itu, pada sambutan Bupati Empat Lawang yang diwakili oleh Asisten 1 Daerah menyatakan akan mendukung suksesnya kegiatan Kampung KB dan program Bangga Kencana.

Kepala BKKBN Pusat yang diwakili oleh Direktur Teknologi, Informasi dan Dokumentasi Dr. Mahyuzar., M.Si mengatakan bahwasanya yang menjadi masalah di lapangan ada pada data karena terkendala sinyal. Tahun 2021 rencananya akan dibangun jaringan infrastruktur dan tambahan Personal Computer di tiap-tiap instansi. Harapannya untuk BKKBN ini dapat menyukseskan PK21 dan dapat memberi sumbangsih data yang valid. BKKBN Pusat memberikan bantuan berupa PC dan smartphone untuk PKB dan Kader KB Kabupaten Empat Lawang sebagai sarana pada Balai Penyuluh KB untuk pengolahan data dan pelaksanaan Pendataan Keluarga Tahun 2021 mendatang.

Kepala Perwakilan Sumsel menyampaikan pesan khusus untuk Ibu Hj. Sri Meliyana (anggota Komisi IX DPR RI) untuk terus menerus meningkatkan dukungan program Bangga Kencana dan berharap Program Bangga Kencana semakin dapat dirasakan oleh masyarakat manfaatnya.

Ia juga menyampaikan kepada Bapak Direktur Teknologi, Informasi, dan Data bahwa inilah potret Sumatera Selatan yang sebenarnya. Sumsel bukan hanya Palembang saja tetapi ada 17 Kabupaten/Kota secara keseluruhan. Kabupaten Empat Lawang memiliki komitmen yang kuat untuk menyukseskan program Bangga Kencana. Jadi mari saling membantu demi suksesnya program ini. (YS)