Bersama Anggota Komisi IX DPR RI dan Walikota Pagar Alam : Satu Hari di Kampung KB

Jum’at, 13 November 2020. Setelah mengikuti kegiatan sosialisasi kemitraan bersama anggota Komisi IX DPR RI di Kabupaten Empat Lawang kemarin, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan bersama tim BKKBN Pusat melanjutkan perjalanannya ke kota Pagar Alam. Kegiatan Sosialisasi Kemitraan dalam Penguatan Pemanfaatan Data Informasi Program KKBPK/Bangga Kencana tahun 2020 yang berlokasi di Kampung KB Talang Ternak, Kelurahan Lubuk Buntak, Kecamatan Dempo Selatan merupakan Kampung KB Unggulan.

Sosialisasi ini turut dihadiri anggota Komisi IX DPR RI Ibu Hj. Ir. Sri Meliyana, Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni, Ketua TP-PKK Kota Pagaralam Rachma Hareni Noor Alpian, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat yang diwakilkan oleh Drs. Mahyuzar, M.Si, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan Nopian Andusti, SE., MT, Kepala DPPKBP3A Kota Pagaralam Drs. H. Hermawan., MM, Camat Dempo Selatan Dra. Suterimawati., M.Si, Lurah Lubuk Buntak Erinsyah beserta para kader petugas KB dan warga sekitar.

 

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel, Nopian Andusti menyarankan jika nama kampung KB Talang Ternak sebaiknya diganti menjadi Kampung Warna Warni atau Kampung Pelangi. “Ini bisa menjadi objek wisata dan menambah daya tarik tersendiri di Kota Pagar Alam” katanya. Kegiatan kemitraan yang dilaksanakan ini juga bisa menjadi suatu strategi untuk mensosialisasikan program Bangga Kencana dan sekaligus himbauan untuk membina kampung KB. Diharapkan tahun depan dengan adanya dana dari DAK dapat meningkatkan jumlah kesertaan ber-KB di Kota Pagar Alam. Tidak hanya itu, harapan lain dengan adanya Kampung KB tidak ada lagi daerah miskin, tertinggal, terpencil. Beliau menyampaikan pesan kepada anggota Komisi IX DPR RI untuk menyuarakan aspirasi masyarakat di Senayan agar masyarakat lebih merasakan manfaat positif dari program Bangga Kencana.

Pada kesempatan ini, Kepala DPPKBP3A Kota Pagar Alam melaporkan bahwa di Pagar Alam ada 5 kecamatan dengan 11 Kampung KB dan semua kecamatan telah memiliki Balai Penyuluh KB dari dana DAK. Selain itu, untuk operasional Kota Pagar Alam sudah memiliki kendaraan untuk mendistribusikan alat kontrasepsi dan kendaraan antar jemput akseptor. “Operasional yang paling dibutuhkan adalah Mobil Unit Penerangan (Mupen) karena Mupen yang sebelumnya sudah tua dan tidak bisa digunakan lagi, ” imbuhnya.

 

Kepala BKKBN Pusat yang diwakili oleh Direktur Teknologi, Informasi, dan Data Dr. Mahyuzar, M.Si menegaskan seyogyanya bahwa data adalah suatu hal yang penting dan data BKKBN ini diperoleh berdasarkan laporan dari kader, PKB/PLKB. Rencananya bulan April 2021 mendatang, BKKBN akan melakukan Pendataan Keluarga 2021 (PK21) di seluruh Indonesia. Pendataan ini juga akan dilakukan oleh Kemensos sehingga nantinya data yang dihasilkan antara BKKBN dan Kemensos menjadi satu kesatuan, namun yang berbeda hanya cara pengisiannya saja. Tidak hanya itu, belajar dari Pandemi Covid-19 pengumpulan data PK21 ini nantinya selain dilakukan secara manual juga akan dilaksanakan secara online menggunakan smartphone. Demi menyukseskan program ini, dengan menggunakan dana DAK akan dilakukan penambahan jaringan dan pembangunan infrastruktur di Balai Penyuluh KB.

Dalam sambutannya, Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni, SH menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran pemerintah Pusat, Provinsi, dan Daerah atas komitmen dan kerja kerasnya dalam program Bangga Kencana sebagai prioritas pembangunan kependudukan untuk meningkatkan kualitas masyarakat khususnya di Kampung KB untuk mewujudkan Keluarga Berkualitas. Di Kampung KB ini terlihat adanya keseragaman rumah penduduk yang dibangun dari dana APBN yang dinamakan program Rumah Satu Hamparan.

 

Anggota Komisi IX DPR RI Ibu Hj. Ir. Sri Meliyana menegaskan bahwa KB ini bagian yang paling perlu mendapat pertolongan dari semua stakeholder. “Petugas KB-nya berada sampai ke dusun-dusun untuk mengurus setiap keluarga, setiap atap untuk menuju keluarga Berencana, Berkualitas, dan Berbahagia,” tambahnya.

Beliau menyampaikan pesan khusus kepada Danramil dan Babinsa untuk membantu kader dan petugas KB di lapangan agar merasa aman dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, ia mengamanatkan untuk semua dinas untuk turut serta berkoordinasi dan bekerja sama membina Kampung KB untuk menghasilkan SDM yang hebat dan berkualitas beberapa tahun ke depan. (YS)