BKKBN Sumsel Menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi Melalui Inovasi Pelayanan Publik di Lini Lapangan

Salah satu upaya strategis Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan dalam mendapatkan predikat instansi pemerintah zona integritas wilayah bebas korupsi (ZI WBK) adalah dengan memberikan pelayanan publik secara optimal kepada masyarakat. Melalui kerjasama dan koordinasi yang erat dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas KB Kabupaten/Kota maka pada tahun 2020 telah terbentuk 2 (dua) kelompok karang taruna yang terlibat secara aktif melakukan pendidikan kependudukan secara informal di Kampung KB. Adapun Kampung KB yang baru-baru ini melakukan pengukuhan kelompok karang tarunanya adalah Kampung KB Mandiri Kayuara Sakti Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim setelah sebelumnya inovasi ini telah dilakukan juga oleh Kampung KB Desa Lubung Batang, Kecamatan Pangkalan Lampan, Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Kelompok karang taruna yang dikukuhkan di Muara Enim yang kemudian disebut “Taruna Kencana” ini diharapkan dapat mendekatkan pelayanan bangga kencana sampai ke lini lapangan di Kampung KB. Keterlibatan pemuda dalam perencanaan pembangunan desa memiliki efek yang besar terhadap keberhasilan suatu desa termasuk keberhasilan program bangga kencana maupun program lintas sektor lainnya. Penggarapan sektor informal dan swasta juga merupakan prioritas BKKBN Sumsel dalam mengintegrasikan program pemerintah sehingga Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dapat lebih membumi dan dirasakan manfaatnya oleh semua pihak, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat setempat.

Terdapat harapan yang besar dengan keterlibatan pemuda secara intensif dan holistik di Kampung KB dapat memunculkan inovasi-inovasi baru guna memajukan pembangunan desa serta semakin mendekatkan program pemerintah kepada masyarakat desa.