Sosialisasi Program Bangga Kencana Upaya Optimalkan Peran Penyuluh KB dan Mitra Kerja

Kamis, 19 November 2020

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Selatan bersama Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Lahat  menggelar Sosialisasi Program Bangga Kencana bersama Mitra Kerja Kita Wujudkan Keluarga Berkualitas Bahagia dan Sejahtera Menuju Lahat Bercahaya , yang mengambil tempat di Hotel Calista Lahat.

Ditengah masih tingginya Pandemi Covid-19, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Selatan selalu berupaya melakukan pendekatan kepada masyarakat dan berusaha memberikan pelayanan KB terbaik sehingga dapat menurunkan angka putus pakai (drop out) kontrasepsi dan memberikan edukasi tentang program Bangga Kencana.

Dengan mengoptimalkan peran Penyuluh KB, Petugas Lapangan dan Kader Kelompok Kegiatan (Poktan) beserta mitra kerja, BKKBN terus siaga untuk menghadapi wabah virus Covid-19 ini yang diharapkan mampu mengubah perilaku masyarakat dalam pencegahan Covid-19.

Jumlah peserta yang hadir sebanyak 70 orang yaitu mitra kerja BKKBN di tingkat desa dan kecamatan yang berada di Kabupaten Lahat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan cara memakai masker, mencuci tangan,  dan menjaga jarak.

Sosialisasi ini merupakan langkah nyata yang dilakukan untuk mendekatkan program dengan masyarakat dan menghadirkan peran BKKBN di tengah keluarga Indonesia.

 

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan, Nopian Andusti, SE., MT pada acara sosialisasi tersebut mengatakan, ” Kegiatan ini penting dilakukan mengingat pesertanya dari perangkat desa dan mitra kerja yang selama ini memiliki komitmen kuat mendukung program Bangga Kencana di Kabupaten Lahat”.

Pada kesempatan ini Kepala Perwakilan BKKBN Sumsel juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kades, Lurah, Camat, dan mitra kerja yang selama ini telah bersedia mendukung pelaksanaan kegiatan ini serta program Bangga Kencana, sehingga dapat memberikan manfaat dan kegunaan bagi masyarakat.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara sosialisasi, Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat H. Januarsyah, SH., MM menegaskan bahwa Kades dan Camat adalah ujung tombak dalam menyukseskan program Bangga Kencana di Kabupaten Lahat.

Januarsyah menyampaikan pesan, “Pelaksanaan dan keberhasilan Program Bangga Kencana bukan hanya tugas BKKBN dan DPPKB Lahat saja tapi juga perlu dukungan mitra kerja. Jadi saya himbau kepada Camat, Kades dan lintas sektoral untuk dapat mendukung program Bangga Kencana demi terwujudnya keluarga berkualitas.

Tidak hanya itu, beliau juga kembali mengingatkan masyarakatnya untuk tetap memperhatikan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) ketika melaksanakan kegiatan berkumpul di desa maupun lurahnya masing-masing.

Sebagai narasumber kegiatan, Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga, Hj. Desliana, SE., MM mengungkapkan bahwa kelompok kegiatan (Poktan) seperti Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Lansia (BKL) , Bina Keluarga Remaja (BKR), PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) dan Usaha Peningkatan Pendapatan Usaha Keluarga (UPPKS) di Kampung KB sangat berperan penting dalam mewujudkan keluarga yang lebih maju, mandiri, berkepribadian melalui revolusi mental berbasis keluarga.

Masih menurut Desliana, perlu dilakukan pembinaan terus menerus terhadap kader poktan ini agar tujuan dibentuknya Kampung KB bisa tercapai dan ini tentunya butuh dukungan semua pihak, termasuk pemerintah desa dan daerah yang mana menjadikan program KB sebagai upaya untuk mewujudkan dan membangun manusia indonesia berkualitas. (YS)