Perjanjian Kinerja sebagai Wujud Komitmen Para Pengelola Program KKBPK Tahun 2020

Sebagai salah satu wujud komitmen para pengelola Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Tingkat Provinsi, Perwakilan BKKBN Povinsi Sumatera Selatan telah melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kinerja Penjenjangan bagi Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 20 Januari 2020 disaksikan oleh seluruh pegawai, hal ini sebagai tindaklanjut Perjanjian Kinerja yang ditandatangani Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan dengan Kepala BKKBN terkait sasaran kinerja Program KKBPK di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020.

Perjanjian Kinerja merupakan amanat Reformasi Birokrasi sekaligus melaksanakan ketentuan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Perjanjian Kinerja sebagai wujud nyata komitmen penerima dan pemberi amanat untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi dan kinerja aparatur serta menjadi dasar penetapan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), acuan evaluasi kinerja, pemberian penghargaan dan sanksi serta menjadi pedoman dalam melakukan monitoring dan evaluasi.

Berdasarkan Hasil Survei Kinerja dan Akuntabilitas Program (SKAP) BKKBN 2019, diketahui bahwa capaian angka kelahiran total yaitu 2,31 per WUS usia 15-49 tahun lebih tinggi dibanding target tahun 2019 sebesar 2,28. Selain itu juga capaian unmetneed sebesar 12,5 % lebih tinggi dari target tahun 2019 sebesar 9,91%. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pengelola program KKBPK untuk bekerja keras dalam penggerakan dan penggarapan KB MKJP di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK) dengan tidak mengesampingkan pelayanan KB MKJP di fasilitas kesehatan serta penjaminan mutu pelayanan KB yang sesuai standar pelayanan sebagai upaya untuk menurunkan TFR dan unmetneed tersebut.

Lebih lanjut Perjanjian Kinerja Penjenjangan ini juga akan diteruskan sampai ke tingkat staf. Dengan demikian diharapkan agar pelaksanaan Program KKBPK di Provinsi Sumatera Selatan akan lebih baik lagi dengan hasil kinerja yang sesuai dengan sasaran Renstra 2020-2024.