Depan > Index Berita > LOMBA PENULISAN KREATIF
LOMBA PENULISAN KREATIF
Senin, 29 April 2013

Lomba penulisan kreatif.jpg

PANDUAN LOMBA PENULISAN KREATIF

TENTANG PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN

 

Syarat dan Ketentuan Umum Lomba Penulisan Kreatif Tentang Pendidikan Kependudukan :

 

1.       Peserta terdiri dari dua kategori, berdasarkan umur. Kategori remaja (usia 15-19 tahun) dan Kategori Dewasa Muda (usia 20-24 tahun). Peserta adalah Warga Negara Indonesia dan wajib mencantumkan kategori yang diikuti.

2.       Penulisan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3.       Tema tulisan mengenai “ Pendidikan Kependudukan di Indonesia “, dengan target pembaca sesuai dengan kategori yang dipilih.

4.       Panjang tulisan, minimal 500 kata, maksimal 2000 kata. Diharapkan tulisan mencakup persoalan Pendidikan Kependudukan dan solusi yang ditawarkan.

5.       Penilaian meliputi cara penulisan dengan bahasa Indonesia sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan, Sistematika Penyampaian, serta Ide Kreatif yang dikemukakan.

6.       Lomba diadakan sejak diumumkan, dan karya tulis dikirimkan, bisa lewat email atau per pos ke BKKBN provinsi paling lambat diterima tanggal 27 Juni 2013. Tiga karya terbaik akan dinilai di tingkat provinsi, tanggal 26 Juli 2013 yang pemenangnya akan menerima penghargaan tingkat provinsi. Pemberian penghargaan untuk tingkat provinsi diatur tersendiri oleh pihak provinsi.

7.       Karya tulis pemenang I tingkat provinsi dikirimkan ke BKKBN Pusat cq. Direktorat Kerjasama Pendidikan Kependudukan (DITPENDUK), Jl. Permata No. 1 Halim Perdanakusuma – Jakarta Timur 13650, paling lambat tanggal 01 Agustus 2013.

8.       Tim penilaian pusat akan menyeleksi karya tulis yang dikirimkan peserta untuk penetapan 10 besar terbaik dari 33 provinsi (masing-masing kategori). Dari 10 besar terbaik akan diundang ke Jakarta pada tanggal 14 Agustus 2013 untuk mengikuti lomba penetapan pemenang I, II dan III tingkat nasional (biaya transport dan akomodasi peserta ditanggung DITPENDUK).

9.       Lomba tingkat nasional akan diadakan di Jakarta, pada tanggal 15 Agustus 2013.

10.   Pemenang terbaik tingkat nasional I, II dan III akan diundang untuk mengikuti acara peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus dan mengikuti acara Bapak Presiden dalam Pembacaan Nota Keuangan di Gedung DPR RI bersama para pemenang lomba tingkat nasional dari instansi lain seluruh Indonesia.

11.   Hadiah bagi para pemenang tingkat nasional adalah :

Pemenang I, sebesar Rp. 7.000.000

Pemenang II, sebesar Rp. 5.000.000

Pemenang III, sebesar Rp. 3.000.000

Selain menerima hadiah uang, para pemenang juga menerima sertifikat.

12.   Dalam lomba ini tidak diadakan surat menyurat, dan keputusan Dewan Juri yang diketuai Arswendo Atmowiloto, tak dapat diganggu gugat.

 

Ketentuan Penilaian

1.       Penilaian dilakukan secara keseluruhan, in toto, dengan nilai akhir antara 30-90.

2.       Unsur-unsur yang dinilai sebagai alat bantu.

3.       Prosentasi bobot pada : ORISINALITAS (40%), SISTEMATIKA PENYAMPAIAN (40%), dan PENGUASAAN BAHASA INDONESIA (20%), Jika peserta mendapatkan nilai akhir yang sama, pilihan pada orisinalitas dan sistematika penyampaian.

4.       Penilaian tingkat provinsi mengacu pada penilaian tingkat pusat (terutama point 3 di atas).

5.       Jumlah juri diupayakan ganjil.