Depan > Index Berita > BKKBN Sumsel Adakan PDU Bagi PKB/PLKB Tahun 2013
BKKBN Sumsel Adakan PDU Bagi PKB/PLKB Tahun 2013
Senin, 4 November 2013

PDU 2013.jpg
Palembang, Senin (4/11) - Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Pelatihan Dasar Umum (PDU) 2013 Bagi Penyuluh KB/Petugas Lapangan. Bertempat di Ruang Petemuan Balai Latbang Provinsi Sumatera Selatan diikuti sebanyak 30 orang untuk angkatan I dan 45 orang untuk angkatan II. Pelatihan Dasar Umum Bagi Penyuluh KB/Petugas Lapangan 2013 ini akan dilaksanakan sebanyak 2 (dua) angkatan dengan peserta terdiri dari perwakilan PKB/PLKB SKPDKB Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan.

Pelatihan Dasar Umum ini dibuka oleh Desliana, SE.,MM. selaku Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan di dampingi Kepala Bidang Latbang Uliantina Meity, SE.,MM. dan Jajaran Latbang. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan kepada para peserta PDU untuk tetap konsisten dalam menjalankan tugas dan menyukseskan Program Pembangunan Kepndudukan dan KB di Sumatera Selatan. Mengingat Sumatera Selatan termasuk 10 provinsi yang mendapat perhatian khusus dari pusat terkait dengan keberhasilan Program Kependudukan dan KB secara nasional.

Sedangkan dalam sambutannya Uliantina Meity, SE.,MM memandang perlu adanya pedoman yang dijadikan acuan dalam rangka mendorong kinerja PLKB/PKB melalui pendidikan dasar  umum bagi PKB/PLKB  guna melaksanakan tugas-tugas dilapangan, oleh karena itu kami  berharap dengan adanya pelatihan tersebut meningkatkan ketrampilan maupun pengetahuan   bagi PLKB/PKB  dalam rangka  percepatan Pencapaian Program KB di Daerah. Sedangkan tujuan dari diselenggarakannya PDU ini adalah 1) Untuk meningkatkan pengetahuan , sikap dan ketrampilan penyuluh KB dalam percepatan pencapaian Program KB dan  MDGs, 2) Memahami tugas dan fungsi sebagai petugas lapangan KB, 3) Memiliki sikap kerjasama dan kemitraan sesama petugas IMP dan poktan, dan 4) Memiliki sikap professional dalam bekerja.

Adapun materi yang disampaikan diantaranya Materi Akselersi Program Pembangunan Kependudukan dan KB, Pre Test dan Post test, Pencatatan dan Pelaporan DALLAP, Pengetahuan KIE Alat kontrasepsi terkini, Dinamika kelompok, Manajemen Operasional Lapangan,  Out Bond sebagai wahana dinamika kelompok di Taman Purbakala Gandus, dan PBB bagi peserta pelatihan guna melatih kedisiplinan peserta. Sedangkan tenaga pengajar selain dari Tim Widyaiswara Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan, juga para Pejabat Esselon III sesuai dengan bidang masing-masing. (santo-datin)