Pendataan Keluarga 2021 untuk Sumsel Maju dan Sejahtera

Pendataan Keluarga Tahun 2021 yang dilakukan BKKBN dilaksanakan serentak se-Indonesia pada 1 April-31 Mei 2021. Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan memulai Program Pendataan Keluarga 2021 secara simbolis dengan mendata keluarga Gubernur Sumatera Selatan (H. Herman Deru) pada Kamis, 1 April 2021 sekaligus melaksanakan Launching Program Pendataan Keluarga Sumatera Selatan tahun 2021 di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Selatan.

Pada kegiatan ini hadir Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan beserta jajaran Bidang ADPIN, Camat Ilir Barat I Kota Palembang, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-PPPA) Kota Palembang dan Ketua RT setempat. Kegiatan pendataan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini mengingat, situasi yang masih berada dalam masa pandemi COVID – 19.

Pendataan Keluarga merupakan amanat UU No.52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan Peraturan Pemerintah No.87 tentang Perkembangan Kependudukan, Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga. Pendataan Keluarga dilaksanakan serentak setiap lima tahun sekali secara nasional dengan melakukan kunjungan ke keluarga dari rumah ke rumah.

Gubernur Sumatera Selatan menghimbau kepada seluruh masyarakat Sumatera Selatan agar dapat melayani petugas pendataan dengan baik dengan cara menyampaikan jawaban yang benar dan rinci agar Pendataan Keluarga menghasilkan data tanpa margin error.  Hasil dari pendataan yang diperoleh tersebut nantinya akan menjadi dasar bagi pemerintah dalam melaksanakan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi pemerintah Sumatera Selatan dalam upaya membangun keluarga di  Provinsi Sumatera Selatan lebih maju dan sejahtera. (Sinta)