BKKBN Sumsel Laksanakan Kegiatan Virtual Meeting Pembinaan dan Monitoring Pelaksanaan Anggaran

Senin (15/11) telah dilaksanakan Kegiatan Virtual Meeting Pembinaan dan Monitoring Pelaksanaan Anggaran oleh Kementerian Keuangan, Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran oleh Bapak Rendy Afrian. Acara ini dibuka oleh Ibu Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan, Ibu DR. Desliana,SE,MM dan diikuti seluruh Pegawai di Lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan. Dalam arahannya, Ibu Desliana menyampaikan bahwa penyerapan anggaran harus dimaksimalkan. Namun tidak sekedar menghabiskan anggaran, yang lebih penting adalah output dan outcome yang dicapai, sehingga dapat bermanfaat bagi unit organisasi di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan sehingga penting dimonitor pengukuran kinerja pelaksanaan anggaran berdasarkan indikator-indikator kinerja yang telah ditetapkan.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan materi dari Bapak Rendy Afrian terkait Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-4/PB/2021 tentang Petunjuk Teknik Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) dan Evaluasi serta Akselarasi Belanja Pemerintah Satker Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam kesempatan ini, Bapak Rendi menjelaskan dengan rinci bagaima Nilai IKPA dinilai dengan 13 (tiga belas) indikator yaitu Penyerapan Anggaran, Data Kontrak, Penyelesaian Tagihan, Capaian Output, Pengelolaan UP dan TUP, Revisi DIPA, Deviasi Hal.III DIPA, LPJ Bendahara, Renkas, Kesalahan SPM, Retur SP2D, Pagu Minus, dan Dispensasi SPM.

Dalam evaluasi 13 (tiga belas) Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA), Bapak Rendy Afrian menyampaikan dan mengapresiasi Hasil Penilaian IKPA Semester I Tahun 2021 Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan dalam kategori SANGAT BAIK dengan urutan 5 (lima) besar se- Provinsi Sumatera Selatan kategori Pagu besar ( diatas 100 Miliar) dengan Nilai IKPA yang dicapai sebesar 93,33. (keu)