Launching Program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di Kabupaten Lahat

Selasa (17/11/2021), Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sumsel, Dr. Desliana, S.E.,M.M menghadiri acara Launching Program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di Kampung KB Desa Sinjar Bulan, Kecamatan Gumay Ulu, Lahat.

Kegiatan ini dibuka dan diresmikan secara langsung oleh Bupati Lahat Cik Ujang,SH didampingi Sekda Lahat Chandra,SH.,MM. dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk (Dalduk) Kabupaten Lahat, H Ujang Kurniawan SE MM serta Jajaran OPD terkait.

Dapur sehat atasi stunting (DASHAT) secara nasional diresmikan oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo pada Agustus 2021 di Kabupaten Bogor. Untuk Provinsi Sumatera Selatan (SUMSEL), Kabupaten Lahat merupakan Kabupaten/Kota yang pertama melakukan Launching DASHAT.

Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting (yang memiliki catin, bumil, busui, baduta/balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu), melalui pemanfaatan sumberdaya lokal (termasuk bahan pangan lokal) yang dapat dipadukan dengan sumberdaya/kontribusi dari mitra lainnya.

Secara umum kegiatan DASHAT bertujuan untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat melalui optimalisasi sumber daya pangan lokal dalam rangka mempercepat upaya penurunan stunting di tingkat desa/kelurahan.

Selanjutnya Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan dan Bupati Lahat Cik Ujang,SH beserta jajarannya memantau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Desa Sinjar Bulan, Kecamatan Gumay Ulu, Lahat.