Sosialisasi Peraturan Pengelolaan BMN dan Evaluasi Penatausahaan BMN di Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan

Pada Senin (20/12) telah dilaksanakan Kegiatan Virtual Meeting Sosialisasi Peraturan Terkini tentang Pengelolaan dan Penatausahaan BMN serta Evaluasi Penatausahaan BMN di Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan dengan Narasumber dari Seksi PKN Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Palembang yaitu Bapak Ruyanto dan Ibu Nurul Latifatun Nisa. Acara Kegiatan Sosialisasi ini dibuka resmi oleh Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan Ibu Dr. Desliana, S,E,MM. Dalam arahannya, Ibu Desliana mengharapkan kegiatan sosialisasi dan evaluasi ini dapat meningkatkan optimisme baru best practices dalam penataan dan pengelolaan aset negara yang lebih tertib, akuntabel, dan transparan kedepannya. Pengelolaan aset negara yang professional dan modern dengan mengedepankan good governance di satu sisi diharapkan akan mampu meningkatkan kepercayaan pengelolaan keuangan negara.

Ibu Dr. Desliana, S.E,MM juga menyampaikan bahwa Pengelolaan Barang Milik Negara diharapkan tidak sekedar administratif semata, tetapi lebih maju berfikir dalam menangani aset negara, dengan bagaimana meningkatkan efisiensi, efektifitas dan menciptakan nilai tambah dalam mengelola aset. Oleh karena itu, lingkup pengelolaan aset negara mencakup perencanaan kebutuhan dan penganggaran; pengadaan; penggunaan; pemanfaatan; pengamanan dan pemeliharaan; penilaian; penghapusan; pemindahtanganan; penatausahaan; pembinaan, pengawasan, dan pengendalian.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Penyampaian Materi secara Panel oleh Bapak Ruyanto dan Ibu Nurul Lafifatun Nisa. Pada sesi tanya jawab, peserta kegiatan terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi dan evaluasi ini. Pada Kegiatan virtual meeting ini juga dibahas tentang langkah-langkah yang harus diambil dalam rangka percepatan penyelesaian permasalahan dalam pengamanan aset Negara. Dalam Evaluasinya, Ibu Nurul Latifatun Nisa dari KPKNL Palembang menyampaikan apresiasi kepada Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan yang telah menyampaikan Laporan Wasdal tepat waktu, tertib dalam Penetapan Status Penggunaan dan telah melakukan update Master SIMAN secara berkala. (sekre/keu)