Integrasikan Program Pusat hingga Lini Lapangan, BKKBN Sumsel Selenggarakan “DakDikDuk” di Kampung KB Bara Lestari


Muara Enim (23/03/2022), bertempat di Kampung KB Bara Lestari Desa Keban Sgung Kec. Lawang Kidul Kab. Muara Enim telah diselenggarakan kegiatan inovasi Diskusi Asyik Pendidikan Kependudukan atau DakDikDuk dengan mengintegrasikan program bangga kencana mulai dari tingkat pusat, provinsi, kab/kota hingga desa. Menggunakan dukungan dana Pertemuan Pokja di Kampung KB melalui Dana BOKB, Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel menghadirkan narasumber BKKBN Pusat, Direktur Kerjasama Pendidikan Kependudukan yang diwakili oleh Koordinator Kerjasama Pendidikan Kependudukan Jalur Informal, Dr. Nurjaeni, S.Si., MSR melalui virtual meeting serta menggabungkan kegiatan tersebut dengan narasumber dari Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel, Dinas P2KB Kab. Muara Enim dan Ketua Pokja Kampung KB Bara Lestari.

Dalam arahannya, Kepala Perwakilan BKKBN Sumsel yang diwakili oleh Koordinator Bidang Dalduk, Zamhari, SH menyampaikan bahwa kegiatan DakDikDuk ini merupakan kegiatan inovasi strategis dimana tujuan utamanya adalah agar masyarakat Kampung KB dapat menerima informasi secara langsung dari narasumber pusat yang berkompeten serta agar pelaksanaan kegiatan-kegiatan yg bersumber dari BOKB dapat memanfaatkan data sebagai basis pelaksanaan program kegiatan melalui poktan-poktan di kampung KB.

Selanjutnya, Kepala Dinas P2KB Kab. Muara Enim dalam hal ini diwakili Rosmah, SKM., MM (Kabid Dalduk) menyampaikan kebijakan dan strategi pemerintah kab. muara enim dalam pencegahan dan penanggulangan stunting dilanjutkan dengan materi Dr. Nurjaeni mengenai 1000 HPK.

Di akhir kegiatan disampaikan bahwa kegiatan inovasi ini dapat direplikasi di banyak kampung KB lainnya agar masyarakat merasakan secara langsung manfaat program bangga kencan dan program percepatan penurunan stunting.