Kegiatan pemaduan perencanaan program dan anggaran program Bangga Kencana Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022

Bertempat di Ruang Belajar Bidang Latbang Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan, Selasa 22 Maret 2022  telah dilaksanakan kegiatan pemaduan perencanaan program dan anggaran program Bangga Kencana Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Mediheryanto, SH., MH selaku Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan menyampaikan bahwa masalah Kependudukan dan  Stunting masih menjadi masalah yang harus diperioritaskan dalam pembangunan. Sebagai ketua pelaksana tim percepatan penurunan stunting, BKKBN saat ini telah menyusun Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting atau yang disebut dengan istilah RAN PASTI.

RAN PASTI ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Intervensi Gizi Terpadu melalui kegiatan DAHSAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) di Kampung KB, Pendekatan multisektor dan multipihak melalui Pembentukan Tim Percepatan Penurunan Stunting (Tpps) dari tingkat provinsi hingga ke tingkat desa, dan Pendekatan Berbasis Keluarga Beresiko Stunting melalui Pendampingan keluarga oleh Tim Pendamping Keluarga.  Untuk mendukung terwujudnya kegiatan prioritas Tersebut, bkkbn mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) yang diserahkan kepada OPD KB Kabupaten Kota sebagai Pengelola. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan berharap DAK tersebut segera dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, tentunya dengan tetap menjaga akuntabilitas, transparansi dan tata kelola yang baik.

Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan materi rencana program dari komponen Bidang di Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan dengan harapan dapat menyeleraskan dan memadukan program kegiatan BKKBN Provins dengan OPD KB selama satu tahun anggaran.