Pelatihan teknis sistem informasi keluarga (SIGA) untuk pengelola data dan informasi dari 17 kabupaten dan kota se-Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Kebijakan Pengelolaan Sistem Informasi Keluarga (Siga) Dalam Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan Dan Keluarga Berencana merupakan perwujudan amanat UU Nomor 52 Tahun 2009, UU Nomor 23 Tahun 2015, PP Nomor 87 Tahun 2014 dan Peraturan Kepala BKKBN tentang Pengelolaan Data Rutin Program Bangga Kencana. Data rutin dan informasi yang dihasilkan dijadikan sebagai dasar perencanaan, monitoring kinerja serta peta kerja intervensi pada setiap tingkatan wilayah; sehingga dibutuhkan data yang valid dan akurat untuk mendukung pengambilan kebijakan secara tepat.

Kondisi saat ini, pengelolaan data rutin sedang berada pada masa transisi dari Statistik Rutin 2013 menjadi Sistem Informasi Keluarga yang direncanakan akan diberlakukan secara full pada tahun 2022. Perubahan krusial yang menjadi prinsip pengembangan New SIGA: – Integrasi sistem sebagai upaya “one and single data”; dengan mengintegrasikan sub sistem Pelayanan Kontrasepsi, sub sistem Pengendalian Lapangan dan sub sistem Pendataan Keluarga. Hasil Pendataan Keluarga atau Basis Data Keluarga Indonesia (BDKI) menjadi basis data yang menjadi referensi sub sistem lainnya. – Perubahan pencatatan dari data agregat (data rekap) menjadi pencatatan by name by address; yang tujuannya utamanya adalah untuk memperbaiki kualitas data dan membuat data lebih akuntabel.

Menjawab tantangan tersebut dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi pengelola data dan informasi (datin) di tingkat kabupaten/kota sampai ke tingkat lini lapangan,  Bidang Pelatihan dan Pengembangan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan kegiatan pelatihan teknis sistem informasi keluarga (SIGA) kepada 68 peserta selaku pengelola data dan informasi (datin) yang terdiri dari penyuluh KB/PLKB, pengelola datin OPD-KB, serta pengelola datin faskes di 17 kabupaten dan kota se provinsi Sumatera Selatan. Peserta pelatihan dibagi menjadi dua angkatan yaitu dilaksanakan pada tanggal 07 s/d 16 maret 2022 untuk angkatan 1 serta pada tanggal 21 s/d 30 maret untuk angkatan 2. Pelatihan dilakukan dengan metode Blanded Learning melalui daring dan secara klasikal tatap muka bertempat di ruang belajar bidang latbang Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan.

Hasil Pelatihan ini diharapkan peserta dapat melakukan penginputan, pencatatan dan pelaporan baik pelaporan pelayanan kontrasepsi (YAN KB) maupun pelaporan pengendalian lapangan (Dallap) serta diharapkan peserta pelatihan dapat melakukan sosialisasi aplikasi new siga di tempat wilayah kerja masing-masing.